Refleksi Terbimbing Modul 3.3.


Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid
(Reni Ulviyani – CGP Angkatan 2 Kab. Kebumen)



Berikut ini pertanyaan pemandu pada sesi refleksi terbimbing modul 3.3.
1. Apa yang menarik bagi anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid ?
2. Apa hal-hal baru yang anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?
3. Perubahan apa yang akan anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?
Pertanyaan tersebut akan dijawab secara narasi sebagai berikut.

Setelah mempelajari modul 3.3. Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid adalah sebagai CGP saya disadarkan bahwa guru tidak hanya sebagai pemimpin pembelajaran yang dapat mengelola kelas secara maksimal, menumbuhkan karakter murid, serta memaksimalkan potensi murid yang telah dimiliki, akan tetapi pada modul ini menuntut dan mengarahkan kita untuk dapat menjadi pemimpin dalam ruang lingkup yang lebih luas yaitu sekolah dengan cara merencanakan program yang berdampak pada murid. Hal tersebut dapat tercapai apabila aset/potensi/kekuatan yang ada di sekolah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai modal awal dalam melaksanakan program. Sebelum menjalankan program yang telah direncanakan, sangat penting juga mengetahui tahapan pengelolaan program secara efektif. Setelah program berjalan, maka dilaksankaan monitoring dan evaluasi sebagai bahan refleksi atas program yang telah berjalan, untuk kemudian memperoleh hasil dalam bentuk laporan sebuah program dengan strategi MELR (Monitoring, Evaluation, Learning , Reporting), serta dapat memperkirakan risiko yang nantinya akan ditimbulkan.

Berikut ini adalah hal-hal baru yang ditemukan saat mempelajari modul ini adalah:
1. Berfokus pada pengembangan potensi murid.
2. Penyusunan program dengan menerapkan tahapan BAGJA.
3. Beberapa tipe risiko dalam suatu sistem: a) risiko strategis yaitu merupakan risiko yang berpengaruh terhadap kemampuan organisasi mencapai tujuan; b) risiko keuangan merupakan risiko yang mungkin akan berakibat berkurangnya aset; c) risiko operasional merupakan risiko yang berdampak pada kelangsungan proses manajemen; d) risiko pemenuhan merupakan risiko yang berdampak pada kemampuan proses dan prosuderal internal untuk memenuhi hukum dan peraturan yang berlaku; dan e) risiko reputasi yaitu merupakan risiko yang berdampak pada reputasi dan merek lembaga.

        Beberapa perubahan yang akan saya lakukan setelah mempelajari modul ini diantaranya: a) menyusun program yang berdampak pada murid; b) Melaksanakan tahapan BAGJA dalam menyusun program; c) menerapkan managemen risiko; d) mengevaluasi program yang telah dilakukan. 

Semoga bermanfaat, salam dan bahagia.

 
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.1.

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2.

Koneksi Antar Materi Modul 3.2